Dilarang Khutbah Jumat karena Tanpa Bahasa Arab

Posted by Khutbah Jumat on Sunday, March 29, 2015

Khutbah Jumat
Dilarang Khutbah Jumat karena Tanpa Bahasa Arab
Dilarang Khutbah Jumat karena Tanpa Bahasa Arab #khutbahjumat http://contohkhutbahjumatsingkat1.blogspot.com KH Achmad Haiti Dilarang Khutbah karena Tanpa Bahasa Arab. TRIBUNKALTIM.CO - Orientasi keagamaan Kiai Achmad Haiti berubah sedikit demi sedikit setelah ia aktif dalam Partai Masyumi. Kekagumannya pada sosok Muhammad Natsir- pahlawan Indonesia asal Solok, Sumatera Barat -- membuat Kiai Haiti mengkaji ulang pemahamannya terhadap kitab-kitab klasik yang lama dipelajarinya dan membandingkan dengan isi kandungan al Qur'an.

Ia kemudian memberanikan diri mengubah kebiasaannya saat membacakan khutbah Jumat di masjid. Kalau biasanya khutbah membawa tongkat, saat itu, ia mencoba tidak memakai tongkat.

"Bahkan, beliau juga tidak membaca teks khutbah berbahasa Arab, yang biasa dibaca oleh para khotib saat naik mimbar," tutur Lukman kepada sangpencerah.com.

Cara berkhutbah Kiai Haiti yang di luar kebiasaan itu, mendapat reaksi keras jamaah Jumat yang memenuhi masjid.

Dilarang Khutbah Jumat karena Tanpa Bahasa Arab
"Sejak saat itu, beliau tidak lagi diperkenankan menjadi khotib Jumat. Meski masih tetap shalat di masjid tersebut, bapak lebih memilih menjadi makmum dan meninggalkan kebiasaannya sebagai imam shalat, karena jamaah sudah tidak menghendaki beliau menjadi imam," katanya. (BACA: Untuk Menyambung Hidup Ayah Rela Bekerja Buruh Petik Kelapa)

Kewibawaan Achmad Haiti sebagai Kiai Masjid, dengan sendirinya memudar. Kiai Achmad Haiti sabar dan lapang dada, menanggalkan setumpuk gelar dan kehormatan yang sebelumnya disematkan kepadanya.

Menurut Lukman, pada puncaknya Kiai Achmad Haiti, kembali pindah tempat tinggal, karena sudah tidak nyaman berada di lingkungan masyarakat yang berbalik memusuhinya. http://kaltim.tribunnews.com/2015/02/20/kh-achmad-haiti-dilarang-khutbah-karena-tanpa-bahasa-arab

Khutbah Jumat MK
Khutbah Jumat MKUpdated: Sunday, March 29, 2015

0 comments:

Post a Comment

Silakan memberi komentar dan masukan atas Materi Teks Makalah Naskah Contoh Khutbah Jumat Singkat ini.

iklan

Subscribe via Email
iklan